Pengumuman Pemenang Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya Kita Merdeka

10 Juli 2019 lalu, Komunitas Gimpscape Indonesia berkolaborasi dengan Creative Commons Indonesia (CCID) untuk mengadakan sebuah kontes desain. Kami memberi nama agenda tersebut, “Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka”. Sedemikian rupa aturan dan ketentuan telah dibuat dan dipublikasikan, namun rupanya banyak yang belum memahami sepenuhnya kontes jenis apa yang diadakan oleh Gimpscape dan CCID ini.

Hal tersebut tentunya mengindikasikan banyak, salah satunya adalah pemahaman istilah “Adaptasi Karya” masih menjadi kategori istilah asing di tengah-tengah masyarakat secara umumnya, bahkan di kalangan desainer sekalipun. Sebenarnya, istilah adaptasi karya ini tak ubahnya dengan istilah “ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi)” yang masyhur di kalangan desainer. Hanya saja, istilah Adaptasi Karya ini mengandung konteks pertanggungjawaban dalam memodifikasi karya.

Akhirnya, ketika kontes masih berjalan pun, kami mengubah istilah “Kontes Adaptasi Karya” dengan “Kontes Redesain Poster”, dan terbukti mulai banyak teman-teman desainer yang lebih familiar dengan istilah ini. Hingga hari penutupan kontes, 10 Agustus 2019, kami menerima puluhan karya yang dikirim oleh para kontestan melalui surel. Tak ada yang mengecewakan, sebaliknya, desain-desain yang masuk benar-benar di luar ekspektasi awal yang kami bayangkan.

Kontes redesain ini sebenarnya bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajak para kontestan mencoba menerapkan lisensi terbuka pada karya yang mereka buat. Disadari atau tidak, sebenarnya mereka (para kontestan) telah mempraktikkan materi sosialisasi yang mereka buat ulang desainnya. Sehingga, sebenarnya hampir tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa kontes ini sulit (dari sisi teknisnya).

Sebagaimana yang telah diumumkan sebelumnya, hari ini merupakan hari yang dipilih untuk mengumumkan pemenang kontes Redesain Poster: Kita Berkarya Kita Merdeka. Selama satu minggu penuh, dewan juri telah melakukan penilaian ke semua karya yang masuk. Perselisihan tentu tak dapat dihindarkan, namun dengan musyawarah semua dapat diselesaikan. Akhirnya, pemenang pun diputuskan. Nama-nama pemenang, dapat dilihat pada berkas pengumuman di bawah ini.

Unduh Pengumuman

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya untuk para kontestan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tetaplah berkarya, berbagi, dan jangan pernah takut untuk menjadi inspirasi. Dirgahayu Indonesiaku, salam.


0 Komentar: